Rabu, 01 November 2023

Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

"Mengapa Kurikulum Perlu Berubah?"

Arah dan tujuan pendidikan diatur di dalam kurikulum sehingga dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran guru harus berpatokan pada kurikulum yang dipakai di satuan pendidikannya. Oleh karena itu kurikulum operasional suatu sekolah harus dibuat sesuai dengan karakteristik dan kondisi geografis sekolah tersebut.

 

Definisi Kurikulum

Kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan dimana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. Kurikulum itu kompleks dan multi dimensi, kurikulum itu dapat diibaratkan sebagai jantung pendidikan.

 

Peranan dan fungsi Kurikulum

Peranan Kurikulum sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran. Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik.

 

Komponen Kurikulum menurut Ralph Tyler :

  • Tujuan
  • Konten
  • Metode/cara
  • Evaluasi

Pentingnya Perubahan Kurikulum

Kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi di era digitalisasi saat ini. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi informasi begitu pesat dalam berbagai bidang, demikian juga di dunia Pendidikan. Di zaman dulu kita belajar dengan memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang terbatas dan konvensional, tetapi saat ini siswa dapat memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran yang lebih variatif dan media yang lebih interaktif.

Ketika siswa kita dulu ditanya tentang cita-citanya, mungkin jawabannya terbatas pada profesi umum, yaitu menjadi dokter, insinyur, guru, tantara. Tetapi kita lihat pilihan cita-cita peserta didik kita sekarang lebih beragam dan mungkin sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan, mereka ingin menjadi illustrator, animator, programmer, arsitek, youtuber dan lain-lain tentang profesi yang membutuhkan skill di bidang informatika.

 

Oleh karena itu maka dari waktu ke waktu kurikulum perlu mengalami perubahan. Kurikulum yang baik adalah Kurikulum yang sesuai dengan zamannya, dan terus dikembangakan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karaktersistik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan.

 

Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembengkan atau diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan peserta didik untuk membangun kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan datang. Kurikulum oprasional satuan pendidikan harus bersifat dinamis artinya dapat diubah sesuai perubahan dan perkembangan budaya dan zaman, selain mengikuti zaman yang sudah diadaptasi sesuai lingkungan geografis.

Sebagaimana yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara “Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota Masyarakat”.