Selasa, 11 Juni 2013

PENGELOLAAN LABORATORIUM BIOLOGI



Penilaian hasil belajar siswa mencakup 3 aspek, yaitu Kognitif, Psikomotor dan Apektif.  Penilaian psikomotor diantaranya dapat dilakukan melalui kegiatan praktikum di laboratorium. Dalam pembelajaran laboratorium berfungsi sebagai tempat siswa dalam upaya meniru ahli sains mengukap rahasia alam, yaitu dalam bentuk proses pembelajaran. Di laboratorium siswa dapat membuktikan suatu teori atau konsep yang dipelajarainya. Menurut Tjipto Utomo (1985:109) bahwa “bentuk kegiatan pratikum sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran secara sinergi dengan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotor”. 

Agar laboratorium dapat berfungsi maksimal, maka perlu adanya pengelolaan yang baik dan pemanfaatan yang benar. Sebagaimana yang dikemukanan oleh Wicahyono (2003:31), “ agar dapat berfungsi maksimal, laboratorium harus dimanfaatkan dengan cara benar. Untuk itu, laboratorium harus ditangani oleh seorang guru khusus yang disebut “Laboran”. Namun, apabila jika sekolah tidak memiliki tenaga laboran, maka guru harus berperan sebagai pembimbing siswa ketika praktik di laboratorium.