Sabtu, 27 April 2019

VCT (VIRTUAL COORDINATOR TRAINING)


Apa itu VCT ?
Bagaimana VCT itu ?
Apa yang akan kita lakukan ?

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika pertamakali saya membaca surat edaran dari Kepala KCD Pendidikan. Sampai ketika mendaftar pun saya belum dapat mebayangkan apa, mengapa, bagaimana dan untuk apa VCT ini ?

VCT (Virtual Coordianator Training) adalah kegiatan diklat yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC secara daring untuk mengasah kemampuan guru dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kegiatan ini dilaksanakan dengan system Video Conference menggunakan fasilitas dari WEBEX.

Kita tahu bahwa era revolusi industri 4.0 ditandai dengan digitalisasi sistem dalam berbagai bidang, termasuk di dunia pendidikan. Pembelajaran yang awalnya berupa tatap muka di kelas dapat diganti dengan sistem pembelajaran berbasis IT.  Sehingga dengan pemanfaatan IT pembelajaran dapat dilakukan kapan saja, dimana saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Proses pembelajaran dapat dilakukan baik secara individual, klasikal atau pun dalam skala yang lebih besar dalam waktu bersamaan. Pemanfaatan Video Conference selain untuk menegelola pembelajaran interaktif dan komunikatif secara online, juga dapat kita gunakan untuk keperluan lain seperti kegiatan MGMP. Dengan kondisi seperti ini tentuya penguasaan IT oleh para guru merupakan suatu prasyarat dalam melaksanakan kegiatan ini.

Pertanyaannya bagaimana caranya kita selaku guru agar dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang IT, melakukan video conference atau mengelola pembelajaran berbasis IT ?. Untuk menjawab pertanyan ini, menurut hemat saya kegiatan VCT adalah merupakan salah satu sarana yang tepat yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk mengasah kemampuan dalam menghadapi pembelajaran di era Revolusi industry 4.0. Dengan mengikuti pelatihan daring VCT ini, guru akan dibimbing bagamana cara pengelolaan video conference, serta pembelajaran secara online. Guru dapat sharing berbagai hal, baik yang berhubungan dengan pembelajaran secara online maupun hal-hal/materi lain yang tidak berhubungan dengan proses pembelajaran. Pokoknya dalam kegiatan VCT ini kita dapat menggali berbagai ilmu, kita dapat mengasah kemampuan kita di bidang IT untuk mengimbangi kemampuan peserta didik, serta membangun skill untuk menghadapi pembelajaran pada era revolusi industri 4.0.

Pada kegiatan pelatihan awal peserta dibekali tentang : (1) bagaimana membuat flyer sebagai sarana publikasi kegiatan, (2) cara merekam (record)  kegiatan atau pembelajaran yang sedang berlangsung, (3) bagaimana menjadi presenter (pemateri), host dan moderator. Dan diakhir kegiatan peserta pelatihan daring VCT akan mendapatkan sertifikat dari SEAMOLEC. Peserta yang berhak mendapatkan sertifikat adalah peserta yang sudah menyelesaikan seluruh tugasnya, yaitu membuat flyer, menjadi host 2 kali, moderator 2 kali, dan presenter 2 kali serta telah mengumpulkan (meng-upload) seluruh tugasnya, yaitu berupa flyer, presensi dan link hasil rekaman selama menjadi host, presenter dan modertor ke dalam kantung tugas yang sudah disediakan oleh penyelenggara.

Contoh Flyer :



Sertifikat