Rabu, 26 September 2012

PRINSIP-PRINSIP HEREDITAS

Hereditas adalah pewarisan sifat dari induk pada keturunannya. Pewarisan sifat ini dibawa oleh gen. Gen terdapat di dalam kromosom, yaitu dalam lokus gen. Gen memiliki kemampuan untuk mereflikasi diri. Dalam mengekspresikan suatu sifat gen membentuk suatu pasangan tertentu yang disebut dengan genotif dan genotif inilah yang akan menentukan penotif dari suatu individu. 

Pada manusia hereditas mempelajari mengenai macam penurunan sifat/kelainan pada manusia. Penurunan sifat pada manusia dibedakan menjadi dua, yaitu sifat yang terpaut koromosom tubuh (autosom)/tidak tertaut seks, dan sifat yang terpaut kromosom sex (gonosom). Sifat yang autosomal manifestasinya dapat muncul baik pada anak laki-laki maupun perempuan. Sedangkan sifat yang gonosomal manifestasinya dipengaruhi oleh jenis kelamin, bisa hanya muncul pada anak laki-laki saja atau perempuan saja atau pada kedua-duanya.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang bagaimana prinsip-prinsip pewarisan sifat, silahkan download materi selengkapnya DISINI !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar