Kamis, 13 September 2012

Petai (Rahasia dibalik Bau Yang Khas)


Parkia speciosa Hassk
(Petai)

Nama lain Parkia macrocarpa Miquel (180).
Beberapa nama daerah di Indonesia: petai, (bahasa Jawa), peuteuy (bahasa Sunda). Malaysia: petai. Thailand: sator (umum), sator dan (semenanjung), sator kow (semenanjung).
 
Gambar 1 : Petai dalam polongnya    Gambar 2 : Biji Petai



Klasifikasi
Kingdom               : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom          : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi           : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                     : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                    : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas             : Rosidae
Ordo                     : Fabales
Famili                   : Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus                  : Parkia                                     
Spesies                : Parkia speciosa Hassk

Manfaat Petai


Adapun manfaat dari petai adalah sebagai berikut :
1.     Depresi/Stress
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, yakni sejenis asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin. Sedrotin inilah yang akan membuat perasaan menjadi relaks dan membuat hati menjadi bahagia.
Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.
2.     PMS (Pre Menstrual syndrome)
Wanita yang sering mengalami masalah terkait dengan PMS (Pre Menstrual Syndrome) dianjurkan untuk makan petai, sehingga ketika masa haid datang tidak lagi uring-uringan dan suasana hati menjadi nyaman. Jadi ketika mengalami PMS saat menstruasi, tidak perlu minum pil, cukup atasi dengan makan pete. Unsur Vitamin B6 yang dikandung pete dapat mengatur kadar gula darah sehingga dapat membantu mood dan kadar kalsium yang relatif tinggi dimungkinkan dapat memberikan efek lebih tenang ketika wanita sedang haid.
3.     Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
4.     Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
Pottasium dikenal sebagai mineral yang bermanfaat untuk mengendalikan hipertensi. Hipertensi disebabkan karena kadar natrium (Na) yang tinggi dalam tubuh. Asupan potassium yang yang tinggi dapat menggeser keberadaan natrium natrium di dalam tubuh, sehingga tekanan darah dapat dikendalikan.
5.     Mencegah Mengantuk
Selain itu potassium juga dapat membuat pupil mata dalam kondisi terjaga, sehingga kalau seorang siswa atau pekerja sarapan petai, mungkin tidak akan mudah mengantuk dan dapat belajar atau bekerja dengan baik.
6.     Kemampuan otak
Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada. Sebanyak 200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang.
7.     Sembelit
Karena kandungan serat pada petai yang tinggi, maka petai akan
membantu mempermudah menormalkan kembali sistem pencernaan.
8.     Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
9.     Kekenyangan
Pete memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.
10.  Mual di pagi hari
Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.
11.  Gigitan nyamuk
Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.
12.  Kegemukan
Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang menjadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap. Unsur Vitamin B6 yang dikandung pete dapat mengatur kadar gula darah sehingga dapat membantu mood dan kadar kalsium yang relatif tinggi dimungkinkan dapat memberikan efek lebih tenang
13.  Luka lambung
Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung..
14.  Mengatur suhu tubuh
Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah dingin yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.
15.  Seasonal Affective Disorder (SAD)
SAD adalah penyakit emosional yang kacauPete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami , tryptophan.
16.  Merokok
Berhenti merokok merupakan suatu hal yang sangat sulit dan butuh waktu yang lama, Bagi orang yang ingin berhenti merokok, makan pete dapat mengatasi kondisi yang tidak nyaman akibat nikotin dalam rokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, dapat membantu mengurangi efek dari nikotin
17.  Stroke
Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine, ”makan pete sebagai bagian dari makanansehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

18.  Perawatan Kulit
Kulit buah direbus dan dijadikan air untuk mandi atau disapu pada kulit untuk merawat penyakit kulit seperti kulit kasar, ruam dan melembutkan kulit.
19.  Obat cacing
Biji direbus dan diminum untuk membunuh cacing di dalam perut dan usus dan mengobati diabetes.
20.  Obat Herves dan Racun Tomcat
Luka akibat terkena Virus Herpes dan cairan racun (Aederin) Tomcat (Paederus littoralis) memang membuat kita tidak nyaman, tidak nyaman karena rasa panas dan gatal yang sangat, tidak nyaman juga karena terkadang luka itu terjadi di di bagian terbuka tubuh kita seperti muka, leher  yang membuat kita jadi tidak percaya diri juga terjadi di bagian tubuh yang tersembunyi.
Walau berbeda penyebab tapi efek yang ditimbulkan sama. Cairan racun Tomcat paling banyak menimbulkan ketakutan. Berita di televisi begitu gencar sehingga sedikit banyak mempengaruhi masyarakat, karena pemberitaan di televisi begitu gencar tentang penyebaran Tomcat yang begitu cepat serta ganasnya bisa Tomcat, tapi sedikit yang memberitakan bagaimana mengatasi luka yang diakibatkannya.
Caranya sangat mudah dan sederhana, ambil beberapa lembar daun petai (secukupnya disesuaikan dengan besar dan banyaknya luka), kemudian dikunyah dalam mulut, bila sudah lembut tempelkan untuk menutupi pada bagian tubuh yang kena efek bisa Tomcat atau luka karena Herpes. Bila Anda merasa kurang nyaman dengan dikunyah, daun petai itu bisa dilembutkan di atas piring dengan sendok tambahi beberapa tetes air panas untuk lebih mudah melumatkannya, bila sudah halus langsung tempelkan pada lukanya.
halus langsung tempelkan pada lukanya.
21.  Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dalam petai terdiri dari tiga unsur utama gula yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiga jenis karbohidrat sederhana ini bersama-sama serat di dalam petai bertindak sebagai energy booster. Ini berarti orang-orang yang akan melakukan kegiatan yang menguras energi dianjurkan untuk mengkonsumsi petai sebelumnya, sehingga energi dari petai dapat digunakan untuk untuk kegiatan produktif.
….


Literatur
Bamroongrugsa, N., 1981. Sator: plant with the bright future. Science Journal, Prince of Songkla University, Pattani, Thailand 4(1): 25-31
Bamroongrugsa, N., 1988. Protein and vitamin-rich plants. Paper presented at the Seminar/Workshop on Asian food, nutrition and rural development extension at Haadyai, sankla, Thailand, April 18-27.
Chooi, Ong Hean. 2003, Sayuran, Khasiat Makanan dan Ubatan, Jaman Shapein Perkasa, Kuala Lumpur. 82-83.
Khomsan, Ali. 2009, Rahasia sehat dengan Makanan Berkhasiat (60 Jenis Makanan Berkhasiat). Departemen Gizi Masyarakat IPB, Kompas Media Nusantara, Bogor. 157-162

Tidak ada komentar:

Posting Komentar