Sabtu, 27 April 2013

Tip Mengkonvert File Hasil Print Screen dari Internet Menjadi MS Word



Pada postingan terdahulu saya sudah memposting Nuance OmniPage 18 Professional, maka kali ini saya akan memberikan sedikit trik bagaimana mengkonvert hasil print screen dari internet ke dalam Microsoft Office Word dengan menggunakan Nuance OmniPage.

Sebagai contoh di sini saya akan mengkonvert hasil print screen dari google book, yaitu pratinjau dari buku Cooperative Learning karangan Robert E. Slavin. Hal ini saya lakukan karena saya merasa kesulitan untuk mendapatkan buku aslinya padahal saya sangat membutuhkan buku ini sebagai referensi. Alhasil setelah mencari di gudang buku Mbah Google akhirnya ketemu juga. Tetapi buku tersebut tidak bisa dicopy paste apalagi di edit.

Untuk mengkonvert hasil print screen dari internet (bisa berupa teks maupun gambar) supaya dapat diedit, maka terlebih dahulu kita harus menginstall Nuance OmniPage dan PDF Converter. Langkahnya memang agak panjang dan memerlukan kesabaran, karena harus melakukan print screen per-lembar. Tetapi jika dibandingkan dengan hasilnya tidak ada apa-apanya. Apalagi jika hasil yang kita peroleh itu merupakan hal yang sangat penting atau sangat kita butuhkan.
Langkah-langkahnya adalah sbb :
1.       Tentukan artikel atau pratinjau buku dari google book yang akan kita convert ke dalam MS Word
2.       Pada keyboard tekan tombol Print Screen
3.       Buka Microsoft Office Word --> Klik Paste (Ctrl + V) (Lihat gambar di bawah)


 
4.    Kemudian kita crop gambar tersebut sehingga yang Nampak hanya teksnya saja.
       Caranya :
· Klik pada gambar --> maka pada menu bar akan muncul menu Picture Tools --> Pilih menu format --> pada ribbon klik icon crop, sehingga pada sudut-sudut  gambar akan tampak garis siku berwarna hitam tebal
  ·   Klik pada sudut-sudut tersebut drag, sehingga diperoleh hasil sbb :
 

5.    Perbesar gambar hasil crop tersebut sehingga teks dapat terbaca dengan jelas. (Lihat Gambar)

6.       Simpan file tersebut di directory yang kita inginkan dengan nama file tertentu (misal Slavin.docx)
7.       Dengan menggunakan PDF Converter file word tersebut convert menjadi bentuk pdf.
8.      Dengan menggunakan aplikasi Nuance Omnipage 18 Professional convert kembali file pdf tersebut ke dalam bentuk Word. (Cara termudah : cari file hasil convert dari word ke pdf tersebut, kemudian klik  kanan mouse --> Pilih OmniPage 18 --> klik Convert to MS Word)
9.       Jika berhasil maka file word hasil convert dengan Nuance OmniPage sudah dapat diedit.

Berikut adalah teks hasil convert dengan Nuance OmniPage 18 (Coba bandingkan dengan teks aslinya, hasilnya hampir sempurna alias tingkat kesalahannya sedikit)


Text Box: 1

An Introduction to Learning Research
ROBERT E. SLAVIN
Cooperative





Why have we humans been so successful as a species? We are not strong like tigers. big like elephants. protectively colored like lizards, or swift like gazelles. We are intelligent, but an intelligent human alone in the forest would not survive For long. What has really made us such suc­cessful animals is our ability to apply our intelligence to cooperating with others to accomplish group goals. From the primitive hunting group to the corporate boardroom, it is those of us who can solve prob­lems while working with others who succeed. In fact, in modern sots• ety, cooperation in face-to-face groups is increasingly important. A suc­cessful scientist must be able to cooperate effectively with other scientists, with technicians, and with students. An executive must cooperate with other executives, salespersons. suppliers, and superiors. Of course, each of those relationships also has competitive elements, but in all of them, if the participants cannot cooperate to achieve a tom‑
 
Catatan : ketika mengkonvert dari Word ke pdf atau sebaliknya dari pdf ke Word bisa beberapa lembar sekaligus yang terpenting seluruh naskah disimpan dalam satu file.

Bagi yang belum memiliki pdf converter silahkan download melalui link di bawah ini !

     

1 komentar:

  1. ANDA INGIN TAHU BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN INCOME/ PENGHASILAN 8.000.000,- ( DELAPAN JUTA RUPIAH ) SETIAP BULANYA HANYA DENGAN MENGINSTAL SOFTWARE DI COMPUTER ?????.
    HANYA DENGAN INSTAL SOFWARE BISA DAPAT UANG JUTAAN RUPIAH SETIAP HARI. ANDA AKAN KAYA DALAM SEKEJAP HANYA DENGAN MENGINSTAL SOFTWARE PENAMBAH SALDO REKENING OTOMATIS INI.keuntungan bersih mulai Rp.400.000 sampai Rp.1.000.000 (satu juta Rupiah ) setiap harinya SECARA OTOMATIS bahkan bisa jauh melebihi nominal itu fantastis bukan ?,JANGAN SAMPAI ANDA LEWATKAN KESEMPATAN UNTUK MERUBAH KEUANGAN ANDA MENUJU TARAF JUTAWAN saya sudah membuktikanya dan saatnya anda buktikan sendiri keampuhan dan DAHSYATNYA SOFTWARE ini. Untuk DOWLOAD dan info lebih lanjut hubungi saya 085712584441 atau anda ingin melihat bukti2 nyata kebenaran software penambah saldo rekening silahkan
    buka & klik disini !

    BalasHapus