Selasa, 01 Oktober 2013

RAHASIA BUAH ALPUKAT (Kandungan Gizi & Manfaat)


Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Buah ini memang bukan asli indonesia. Buah ini berasal dari benua Amerika, tetapi sekarang buah ini banyak tersebar di Indonesia. Jenis buah alpukat yang banyak di pasaran adalah alpukat hijau bundar, hijau panjang, dan alpukat fuerte. Bentuk buah alpukat ada yang lonjong dan ada yang bundar dengan warna kulit buah hijau sampai merah tua. Daging buah umumnya berwarna kuning.
Tahukah Anda rahasia yang tersembunyi pada alpukat? Banyak sekali rahasia yang dapat diungkap dari buah yang satu ini. Kalau Anda belum tahu dan ingin mengetahuinya bacalah artikel ini sampai tuntas.

a.     Klasifikasi
Tanaman alpukat dalam sistematika (taksonomi) tumbuhan diklasifikasikan sebagai berikut.
Kingdom           : Plantae
Divisi               : Spermatophyta
Subdivisi          : Angiospermae
Kelas               : Dicotyledonae
Ordo                : Laurates
Famili               : Lauraceae
Genus              : Persea
Spesies            : Persea americium Mill sinosim P. gralissirna Gaerth.
(Sumber : Rukmana, 2005 : 19)

b.     Kandungan Gizi
Buah alpukat terdiri dari 70% air, 20% lemak organis dan yang 10 % lagi mineral-mineral. Buah ini juga mengandung pro­tein dan vitamin-vitamin seperti vitamin A, B, Bl, B2, E dan C, betakaroten, asam lenoleat, lesitin, kalsium, zat besi, asam pantotenat, potassium, fosfor, niacin dan minyak tumbuhan alami. Alpukat mengandung vitamin A dan karoten yang balk. Dalam 100 gram buah alpukat terkandung sekitar 300 - 400 IU vitamin A dan seki­tar 155 mikrogram karoten. Selain itu terkandung pula thiamine, riboflavin dan niasin yang tergolong vitamin B-kompleks. Kadar vitamin C yaitu sekitar 14 mg per 100 gram buah alpukat. (Surtiningsih, 2005 : 20-21)
Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut !
Tabel : Kandungan Gizi per 100 gr buah alpukat segar
Sumber : Rukmana, 2005 : 16
c.      Manfaat
Banyak sekali manfaat dari buah alpukat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bagian dari alpukat yang bisa kita manfaatkan diantaranya adalah daun, biji dan buahnya.
1) Untuk Kesehatan
Obat Sakit Gigi.
Herminia de Guzman Ladion, seorang pakar kesehatan Filipina, menganjurkan penggunaan biji alpukat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, irislah biji alpukat menjadi irisan kecil seukuran lubang (celah) gigi, kemudian selipkan pada lubang gigi yang sakit, dan ganti dua kali sehari.

Mencegah Resiko Penyakit Stroke
Kandungan lemak nabati tak jenuh yang cukup tinggi berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

Menangkal Radikal Bebas/Mencegah Kanker
Kandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Jadi untuk mencegah kanker konsumsilah buah alpukat setiap hari.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A dalam buah alpukat  berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula.

Menjaga kesehatan jantung
Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.
Buah alpukat juga dapat memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf agar tetap terjaga.

Penyembuh Sakit Maag
Kalau terkena sakit maag ringan makan sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengobati penyakit maag yang menyerang anda.

Membantu Menurunkan Kolesterol
Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. 

Untuk mata yang bengkak. 
Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

Mencegah anemia
Di dalam buah alpukat ini mengandung zat besi dan tembaga. Zat besi dan tembaga sangat membantu dalam regenerasi sel darah merah dan mencegah anemia.

Menangkal Radikal Bebas
Asam oleat yang terdapat dalam buah alpukat merupakan zat antioksidan yang dapat membantu menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi.

      2) Untuk Kecantikan

Mengatasi Kulit Kering atau Keriput 
Karena kandungan lemaknya, alpukat juga sangat baik digunakan dalam perawatan kulit/wajah. Mengoles wajah dengan alpukat akan membuat kulit kering menjadi sedikit berminyak dan lembab sehingga kesehatan kulit akan terjaga.
Daging buah alpukat yang telah matang (masak) berkhasiat untuk mencegah kulit muka keriput dan wajah kering.
Cara penggunaannya adalah hancurkan daging buah alpukat hingga menjadi halus seperti bubur, kemudian oleskan pada seluruh kulit muka (wajah) sebagai masker. Biarkan masker tersebut selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin atau air hangat­hangat kuku hingga bersih.

Rambut Lembut dan Bersinar. 
Caranya Campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.

Tangan Halus dan Lembut. 
Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Mencegah Penuaan Dini
Dengan mengkonsumsi buah alpukat baik secara langsung maupun dibuat juice, maka dapat membuat awet muda. Alpukat  merupakan buah yang kaya dengan vi­tamin E yang dapat membantu mencegah penuaan dini.


Referensi :
Wirakusumah, E. S. (2007). 202 Jus Buah & Sayuran untuk Menjaga Kebugaran & Kesehatan Anda. Jakarta : Penebar Swadaya.
Mahendra, B. dan Rachmawati E, N.H. (2005). Atasi Stroke dengan Tanaman Obat. Jakarta : Penebar Swadaya.
Rukmana, R. (2005). Budidaya Alpukat. Djogyakarta : Karnisius.
Surtiningsih. (2005), Cantik Dengan Bahan Alami. Jakarta :  PT Elex Media Komputindo.
Wright, J. (2005). Perfect Bride. Octopus publishing Group Ltd, Jakarta : Esensi (divisi dari penerbit Erlangga).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar