Selasa, 23 Desember 2014

PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN CONTOH RPP PBL


Kurikulum 2013 menekankan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Pendekatan saintifik diyakini dapat mengembangkan sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik terdiri dari lima pengalaman belajar pokok, yaitu : (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengumpulkan informasi, (4) mengasosiasi, dan (5) mengkomunikasikan. (Permendikbud No. 81A tahun 2013 lampiran IV).
Sehubungan dengan hal tersebut maka dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan model yang mengacu pada pendekatan saintifik. Model pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya yaitu Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning = PjBL), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning = PBL), Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), Pembelajaran Pencarian (Inquiry Learning).

Sekarang akan dijelaskan mengenai model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning = PBL) serta akan diberikan contoh RPP yang menggunakan model PBL serta instrumen penilaiannya. Sedangkan model-model yang lainnya akan dijelaskan pada postingan berikutnya. 

Selengkapnya tentang PBL dan contoh RPP-nya dapat Anda baca di bawah ini. Atau apabila Anda membutuhkan filenya silakan UNDUH DI SINI !


1 komentar: