Senin, 18 November 2013

PENCEGAHAN PENULARAN VIRUS


Sampai saat ini belum ada satu carapun untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus. Meskipun demikian kita dapat melakukan upaya pencegahan dan melawan virus dengan cara mengurangi jumlah virus dalam tubuh inang yang terinfeksi serta mengurangi kerusakan pada tubuh inang yang terinfeksi virus.

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dapat dilakukan dengan cara pemberian vaksin (Vaksinasi). Vaksin adalah bibit penyakit yang telah dilemahkan. Vaksinansi pada manusia bertujuan untuk membangkitkan kekebalan tubuh (antibodi) untuk melawan antigen patogen yang masuk ke dalam tubuh. Antigen disebut juga zat asing adalah merupakan zat yang dapat menimbulkan respon kekebalan spesifik pada manusia dan hewan. Pemberian vaksin dapat dilakukan dengan cara suntik atau melalui oral. Contoh pemberian vaksin per oral adalah vaksin polio. Vaksin lain yang kita kenal adalah vaksin cacar dan vaksin hepatitis.

Pencegahan hanya dapat dilakukan bila tubuh belum terserang virus, tetapi jika virus sduah masuk ke dalam tubuh maka harus dilakukan pengobatan. Pengobatan dilakukan dengan cara pemberian imunisasi melalui pemberian serum. Serum adalah darah hewan atau manusia yang sudah mengandung antibodi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar